Resep Roti Sederhana Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Apakah Anda ingin mencoba membuat roti sendiri di rumah? Roti adalah salah satu makanan yang populer dan serbaguna, dan membuatnya sendiri bisa memberikan kepuasan yang luar biasa. Berikut ini adalah resep roti sederhana yang dapat Anda coba sendiri di dapur.

Bahan-bahan:

- 500 gram tepung terigu serbaguna

- 1 sendok teh ragi instan

- 1 sendok teh gula

- 1 sendok teh garam

- 300 ml air hangat

- 2 sendok makan minyak sayur

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk rata dengan menggunakan sendok kayu atau spatula.

2. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Lanjutkan hingga adonan membentuk bola yang kalis (tidak lengket di tangan).

3. Pindahkan adonan ke permukaan meja yang ditaburi sedikit tepung. Uleni adonan selama sekitar 10 menit hingga elastis dan lentur.

4. Letakkan adonan dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak sayur. Tutup dengan kain bersih atau plastik wrap. Biarkan adonan mengembang selama sekitar 1 jam atau hingga volume dua kali lipat.

5. Setelah mengembang, kempiskan adonan dengan cara menekannya dengan tangan. Kemudian bentuk adonan sesuai dengan keinginan Anda, misalnya bulat atau lonjong.

6. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah diolesi sedikit minyak atau dialasi dengan kertas roti. Tutup kembali dengan kain bersih atau plastik wrap dan biarkan roti mengembang sekali lagi selama sekitar 30-40 menit.

7. Sementara itu, panaskan oven pada suhu 200 derajat Celsius.

8. Setelah roti mengembang untuk kedua kalinya, oleskan permukaan roti dengan sedikit air menggunakan kuas roti atau tangan. Hal ini akan membantu memberikan kelembutan pada kulit roti.

9. Panggang roti dalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 20-25 menit atau hingga kecokelatan di bagian atasnya.

10. Setelah matang, keluarkan roti dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong atau disajikan.

Roti sederhana yang Anda buat siap untuk dinikmati! Anda dapat menikmatinya dalam keadaan hangat atau dingin, serta menambahkan berbagai isian atau saus sesuai selera Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Comments