Macam Macam Butter Cream Dan Cara Membuatnya

Aneka Butter Cream



Hallo, para pembaca setia..Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang salah satu bahan kue yang sangat populer, yaitu "butter cream". Butter cream adalah jenis olesan manis yang digunakan untuk menghias berbagai jenis kue, mulai dari kue ulang tahun, kue tart, hingga cupcake.

Teksturnya yang lembut dan rasa yang lezat membuat butter cream menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Mari kita simak bersama informasi lengkap tentang butter cream dalam artikel ini.





Apa Itu Butter Cream?



Butter cream, atau sering juga disebut dengan krim mentega, adalah jenis olesan manis yang terbuat dari campuran mentega (butter) yang lembut, gula bubuk, dan berbagai bahan tambahan lainnya seperti susu, perisa, dan pewarna makanan.

Butter cream biasanya digunakan untuk menghias dan mengisi kue, menciptakan dekorasi yang indah dan tekstur yang lembut di permukaan kue. Ketika diaplikasikan pada kue, butter cream dapat diolah dengan berbagai bentuk dan pola, sesuai dengan kreasi dan selera si pembuat kue.



Berbagai Jenis Butter Cream



Terdapat beberapa jenis butter cream yang umum digunakan dalam pembuatan kue. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis butter cream yang populer:



1. Butter Cream Swiss Meringue


Butter cream Swiss meringue terbuat dari putih telur dan gula yang dipanaskan bersama di atas bak air mendidih hingga gula larut. Campuran tersebut kemudian dikocok hingga menjadi meringue dan mentega lembut ditambahkan ke dalamnya. Butter cream ini memiliki tekstur yang lembut dan stabil, serta rasa yang tidak terlalu manis.



2. Butter Cream Italia


Seperti butter cream Swiss meringue, butter cream Italia juga menggunakan putih telur dan gula, namun dibuat dengan cara menguapkan sirup gula panas ke dalam putih telur yang telah dikocok hingga kaku. Setelah itu, mentega lembut ditambahkan untuk menciptakan butter cream yang kaya dan lembut.



3. Butter Cream Amerika


Butter cream Amerika dibuat dengan mencampurkan mentega lembut, gula bubuk, dan bahan tambahan lain seperti susu dan perisa. Butter cream ini lebih mudah dan cepat dibuat dibandingkan dengan butter cream Swiss meringue dan Italia, tetapi juga memiliki tekstur yang lebih padat.



4. Butter Cream Ganache


Butter cream ganache adalah kombinasi antara ganache cokelat (campuran cokelat dan krim) dan mentega lembut. Butter cream ini memiliki rasa yang kaya cokelat dan tekstur yang lembut.



5. Butter Cream Cream Cheese


Butter cream cream cheese adalah kombinasi antara mentega lembut dan keju krim. Butter cream ini memiliki rasa yang lembut, agak asam, dan sangat cocok untuk menghias kue wortel atau kue red velvet.



Cara Membuat Butter Cream



Membuat butter cream tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat butter cream:



Bahan:



  • 250 gram mentega, lembutkan

  • 500 gram gula bubuk

  • 1 sendok teh perisa (misalnya vanila atau cokelat)

  • 2-4 sendok makan susu cair

  • Pewarna makanan (jika diinginkan)



Langkah-langkah:



  1. Dalam mangkuk besar, kocok mentega hingga lembut dan mengembang.

  2. Tambahkan gula bubuk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga seluruh gula larut dan adonan terlihat halus dan kental.

  3. Tambahkan perisa dan pewarna makanan (jika digunakan). Aduk rata.

  4. Tambahkan susu cair secukupnya untuk mencapai tekstur butter cream yang diinginkan. Lanjutkan mengocok hingga butter cream lembut dan konsisten

    .

  5. Butter cream siap digunakan untuk menghias kue atau dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es untuk digunakan nanti.



Penggunaan Butter Cream dalam Pembuatan Kue



Butter cream dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghias kue. Beberapa teknik penggunaan butter cream yang populer antara lain:




  • Penggunaan Piping Bag: Butter cream dapat dimasukkan ke dalam piping bag yang dilengkapi dengan berbagai ujung cetakan untuk menciptakan dekorasi yang indah dan rumit di permukaan kue.

  • Olesan Kasar: Butter cream dapat dioleskan secara kasar di permukaan kue untuk menciptakan tekstur yang rustik dan alami.

  • Smooth Finish: Butter cream juga dapat dioleskan dengan sangat rata untuk menciptakan tampilan yang halus dan profesional.

  • Dekorasi Berlapis: Beberapa lapisan butter cream dapat diaplikasikan di atas kue untuk menciptakan efek dekorasi berlapis yang menarik.



FAQ (Frequently Asked Questions)



Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan tentang butter cream:



1. Apakah butter cream harus disimpan di dalam kulkas?


Jawab: Ya, butter cream sebaiknya disimpan dalam kulkas jika tidak akan digunakan dalam waktu singkat. Keluarkan dari kulkas dan biarkan mencapai suhu ruangan sebelum menggunakannya.



2. Bisakah butter cream dibekukan?


Jawab: Ya, butter cream dapat dibekukan untuk menyimpannya lebih lama. Simpan dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam freezer. Keluarkan dan biarkan mencapai suhu ruangan sebelum digunakan kembali.



3. Apakah butter cream dapat bertahan di suhu ruangan?


Jawab: Butter cream yang telah dioleskan di atas kue dapat bertahan di suhu ruangan selama beberapa jam, tergantung pada suhu lingkungan. Namun, jika kondisi suhu panas atau lembap, sebaiknya simpan kue di dalam kulkas.



4. Bisakah butter cream digunakan untuk menghias kue fondant?


Jawab: Ya, butter cream dapat digunakan untuk menghias kue fondant. Pastikan kue fondant telah mengering sempurna sebelum mulai menghias dengan butter cream.



5. Bisakah butter cream tahan lama di kulkas?


Jawab: Ya, butter cream dapat bertahan selama beberapa minggu dalam kulkas jika disimpan dalam wadah kedap udara. Namun, untuk hasil terbaik, sebaiknya digunakan dalam waktu 1-2 minggu.



Kesimpulan



Demikianlah pembahasan lengkap tentang butter cream, olesan manis yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Dari berbagai jenis hingga cara pembuatannya, butter cream menjadi andalan bagi para pembuat kue dalam menciptakan dekorasi yang menarik dan rasa yang lezat. Selamat mencoba resep butter cream favorit Anda dan jangan lupa untuk selalu kunjungi artikel menarik lainnya di website kami.



Terima kasih dan jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya & semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam sukses,


Calon Juragan

Comments